Search

Monday, November 18, 2019

thumbnail

Inilah fakta unik cegukan yang jarang diketahui


Hallo temen-temen semuanya, apakah temen-temen tau cegukan? dan apakah temen-temen pernah mengalami cegukan? mungkin sangat mengganggu sekali ya ketika kita sedang cegukan, baiklah temen-temen semua kali ini kita akan membahas mengenai cegukan, terdapat beberapa pendapat yang menjelaskan tentang penyebab terjadinya cegukan tersebut, jadi mari langsung saja kita bahas.

Cegukan adalah hal yang misterius dan tentunya bisa sangat menggangu dan membuat kita mengeluarkan suara aneh seperti "hhiighh", dalam dunia medis cegukan sendiri biasa dikenal sebagai Singultus, dan didunia ini sudah banyak sekali mendapatkan alasan cegukan bisa terjadi, menurut pandangan Fisiologis cegukan terjadi karena adanya kontraksi yang sangat kuat pada Diagfragma dan Otot Pernapasan seperti Otot Interkostal dan Otot Leher kita, saat kontraksi ini terjadi lidah bagian belakang naik keatas langit mulut lalu otot vokal atau Glotis dalam tenggorokan kita ini kemudian ikut berkontraksi hingga akhirnya menimbulkan suara seperti ketika kita sedang tersedak oleh makanan.

Baca Juga : Inilah Sejarah mie instan yang jarang diketahui banyak orang!

Pendapat yang lain mengatakan bahwa cegukan itu diwariskan oleh leluhur atau nenek moyang kita pada jutaan tahun yang lalu. Menurut pandangan ini, manusia berasal dari makhluk amfibi yang bisa hidup didadarat dan diair yang kemudian beradaptasi menjadi makhluk yang hidup hanya didaratan saja, tetapi meskipun sudah didaratan tubuh kita belum mampu menghisap udara sepenuhnya hingga masukk keparu-paru. Akibatnya tubuh kita mengembangkan suatu mekanisme yaitu mekanisme cegukan yang berfungsi untuk memudahkan udara atau oksigen masuk ke dalam paru-paru, dan mekanisme tersebut masih tesisa hingga saat ini.

Pendapat lain lagi sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu leluhur kita berpendapat bahwa cegukan terjadi dikarenakan roh yang berada didalam tubuh kita sedang berusaha keluar dari tubuh kita, dan menurut leluhur kita, kita harus menutup mulut kita agar roh kita tetap berada didalam tubuh kita dan tidak jadi pergi dari tubuh kita, cukup menyeramkan yaaa hehe. Lalu cegukan sendiri bisa ditanggulani dengan berbagai cara seperti, menahan nafas selama 10 detik, minum air putih, atau mengkonsumsi madu atau gula. Jadi semoga video ini tidak membuat kita bingun lagi dengan alasan apa yang membuat kita bisa cegukan.

Itulah penjelasan Kenapa kita bisa cegukan, terimakasih untuk temen-temen yang telah membaca artikel ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat yaaa.

Baca Juga : Apa itu Hacker dan cara terhindar dari Hacker ?

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments