Search

Saturday, November 2, 2019

thumbnail

Wah! ternyata inilah sejarah Robot yang jarang diketahui


Apa yang ada dipikiran kalian ketika mendenga kata Robot? Transformers? Terminator? atau Gundam?. Pandangan masyarakat tentang robot, memang dipengaruhi oleh media seperti film dan games, lalu apasih sbenernya arti dari kata robot ini dan bagaimana awal mula robot diciptakan? serta bagaimana robot bisa berkembang seperti sekarang?, maka dari itu ayo kita bahas.

Menurut kamus besar Merriam Webster, Robot adalah sebuah peralatan otomatis yang melakukan pekerjaan seperti apa yang dilakukan manusia. Sebelum istilah robot terkenal seperti sekarang ini, dahulu orang orang menyebut sebuah benda mekanik dengan sebutan Automata. Lalu pada tahun 1921, kata robot diperkenalkan pertama kali oleh Karel Capek, peulis asal Ceko. Melalui sebuah drama yang menceritakan tentang mesin berbentuk manusia yang bekerja secara terus menerus, hingga memberontak terhadap penciptanya sendiri, yaitu  manusia.

Kata robot sendiri berasal dari bahasa Ceko yaitu Robota yang berarti pekerja, tahun 1942 istilah Robotika untuk teknologi Robot, pertamakali diciptakan oleh seorang penulis cerita fiksi ilmiah yang bernama Isaac Asimov dalam ceritanya yang berjudul "Runaround". Tidak seperti Karel Capek, Isaac Asimov beranggapan bahwa Robot akan sangat membantu kehidupan manusia di masa depan. Isaac Asimov juga mencetuskan 3 hukum Robot yaitu,

Baca Juga : Apa itu Hacker dan cara terhindar dari Hacker ?
  1. Robot tidak boleh melukai manusia ataupun berdiam diri membiarkan manusia menjadi celaka.
  2. Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh manusia ,kecuali perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama.
  3. Robot harus mampu melindungi dirinya sendiri selama tidak bertentangan dengan hukum yang pertama dan kedua.
Jauh sebelum istilah Robot ditemukan, ide untuk manusia untuk menciptakan mesin mekanik pintar yang dapat menggantikan tugas manusia sudah tercetus sejak zaman kuno. Pada tahun 1400SM bangsa Babilonia mengembangkan Clepsydra, yaitu sebuah jam yang memanfaatkan aliran air sebagai penggerak arah penunjuk waktu, jam inilah yang disebut sebagai jam mekanik yang memiliki konsep Robotika pertama didunia.

Singkat cerita konsep Robot modern baru berkembang setelah terjadinya Revolusi Industri, dimana saat itu sudah memungkinkan penggunaan mekanisme kompleks dan penggunaan energi listrik sebagai penggerak motor. Industri Robot kemudian berkembang dan mulai digunakan pada tahun 1980, dimana perkembangan elektronik dan komputer begitu pesat. Hal yang utama pada sebuah Robot modern yaitu Atificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan , tanpa adanya kecerdasan buatan ini Robot tidak akan mengambil keputusan secara mandiri.

Nah itulah sejarah Robot yang jarang masih diketahui, jadi gimana temen-temen, apakah kalian tertarik mempunyai Robot yang dapat membantu pekerjaan kalian? hehe.

Baca Juga : Inliah Sejarah Sepakbola yang jarang diketahui !

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments