Search

Thursday, November 28, 2019

thumbnail

Inilah Sosok Asli Burung Garuda !

Indonesia, Nasional, Lambang, Garuda Pancasila, Garuda



Perkenalkan Garuda Pancasila, inilah dia Burung Garuda yaitu burung yang dijadikan sebagai lambang kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Siapa yang tidak tahu tentang Burung Garuda di Indonesia ini? Sang Garuda ialah lambang pemersatu bangsa Indonesia, Namun siapakah sosok garuda sebenarnya? lalu sebenarnya apakah burung ini memang benar-benar ada? kalian pasti penasaran bukan mengenai keberadaan burung kebanggaan negara kita ini, jadi langsung saja kita bahas Inilah Sosok Asli Burung Garuda.

Baca Juga : Inliah Sejarah Sepakbola yang jarang diketahui !

Diseluruh dunia ternyata terdapat 2 negara yang menjadikan Garuda sebagai lambang negaranya. Akantetapi kalau dibandingkan dengan Garuda milik Indonesia ini memang terasa seperti burung seutuhnya, mungkin inilah yang sering membuat kita menjadi penasaran jangan-jangan Garuda ini memang sejenis burung dan benar-benar nyata. Jika kita mellihat pada Garuda Pancasila yang dirancang oleh Sultan Hamid II, masikah terlihat menyerupai burung seutuhnya?

Kalau kita mencoba unuk melacak sejarahnya, Garuda Pancasila bisa jadi terinspirasi dari Garuda hewan mitos, yaitu tunggangan Dewa Wisnu. Garuda menurut mitos ini adalah mahkluk setengah burung dan setengah manusia yang pemberani dan karena Wisnu adalah Dewa Pemelihara sejak dulu, maka Garuda juga dijadikan sebagai lambang kemakmuran. Jadi sebelum Indonesia ada, yang terlebih dahulu menjadikan Garuda sebagai lambang yaitu Raja Airlangga Kahuripan dari Kerajaan
Kahuripan pada abad ke-9.

Karena lahir dari mitologi dan cerita rakyat, Burung Garuda hanya bisa kita temui di candi-candi, museum, pasar seni dan juga internet. Tapi Indonesia rupanya mempunyai satwa khas yang rupanya sangat mirip dengan Garuda, siapa dia? ia adalah Elang Jawa atau dengan nama latin Spizaetus Bartelsi, burung yang satu ini memang terlihat sangat mirip dengan Garuda sehingga burung yang satu ini dinobatkan sebagai satwa nasional Indonesia Pada tahun 1993. Alasan ini dikarenakan adanya kemiripan pada bagian jambulnya serta warna bulunya. Hal inilah yang menjadikan Burung Elang Jawa menjadi satwa yang dianggap menjadi inspirasi ataupun sosok sebenarnya dari Garuda Pancasila yang dijadikan sebgai lambang negara.

Sayangnya Elang yang sempat merajai langit Jawa Barat dan Jawa Timur ini sudah semakin jarang terlihat, selain karena siklus berkembang biaknya yang terbilang lama, habitat dari Elang Jawa semakin sedikit. Pada akhirnya Elang Jawa semakin kesulitan mencari makan dan populasinyapun semakin berkurang, sehingga saat ini Elang Jawa menjadi satwa yang terancam punah. Pada saat ini Jumlah Elang Jawa diperkirakan hanya tersisa sekitar 300-500 ekor saja.

Oleh karenanya, sangat disayangkan jika memang Burung Garuda harus sampai mengalami kepunahan.Tentunya kita mengharapkan kepada pemerintah kita agar perlu tetap melestarikan Elang Jawa ini, jangan sampai anak cucu kita hanya bisa melihat Garuda ditembok kelas saja ataupun hanya bisa melihatnya di internet. Semoga Elang Jawa berhasil dilestarikan sehingga akan tetap menjadi satwa kebanggan Indonesia sampai dengan seterusnya.

Baca Juga : Inilah Sejarah mie instan yang jarang diketahui banyak orang!


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments