Search

Tuesday, November 5, 2019

thumbnail

Inliah Sejarah Sepakbola yang jarang diketahui !


Taukah kamu apa olahraga yang paling populer di muka bumi ini? ya , jawabannya adalah sepakbola, sepakbola bukan hanya sekedar olahraga biasa saja tapi sepakbola sudah menjadi budaya di masyarakat kita, sepakbola dapat dimainkan oleh seluruh kalangan, mulai dari usia muda sampai usia dewasa, tapi kamu tau tidak asal usul dari permainan sepakbola?

Baca Juga : Apa itu Hacker dan cara terhindar dari Hacker ?

Sejarah sepak bola dimulai dari abad ke 2 sampai abad ke 3 sebelum masehi tepatnya di Tiongkok pada masa Dinasti Han, pada saat itu sepakbola dibuat untuk melatih fisik para tentara sekaligus menjadi hiburan di setiap perayaan ulangtahun Kaisar, bola yang digunakan pada saat itu dibuat dari usus dan kulit binatang. Sepakbola yang lebih modern pertamakali berkembang di Inggris sepakbola yang dimainkan di Inggris menetapkan peraturan-peraturan dasar dalam sepakbola, pada tahun 1365, Raja Inggris pada saat itu yaitu Raja Edward 3 melarang olahraga sepakbola karena menimbulkan kekerasan selama pertandingan.

Selama tahun 1800an permainan sepakbola dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, Asosiasi Sepakbola yaitu FIFA (Federation Internationale de Football Association didirikan di Paris, Perancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia, dan Perancis. Pada tahun 1930, Piala dunia pertama kali diselenggarakan di Uruguay yang diikuti 13 team yang terdiri dari 7 Tim Amerika Selatan, 4 Tim dari Eropa, dan 2 tim dari Amerika Utara, dan sang tuan rumah berhasil menjadi juaranya.

 BBC menjadi stasiun TV pertama yang berhasil menyiarkan pertandingan piala dunia pada tahun 1938 dan pada tahun 1966 fitur replay mulai digunakan pada setiap gol yang terjadi di siaran TV. Sepakbola terus berkembang hingga saat ini dan menjadi olahraga paling populer didunia. Sedangkan di Indonesia sejarah sepakbola dimulai dari berdirinya PSSI pada tahun 1930 di Yogyakarta yang  diketuai oleh Soeratin Sosrosugondo Sebenarnya Indonesia pernah berpartisipasi di ajang piala dunia, namun tidak menggunakan nama Indonesia melainkan Hindia Belanda yang pada saat itu Hindia Belanda menjadi negara pertama dari Benua Asia di ajang sepakbola terbesar didunia.

Nah itulah sejarah singkat dari olahraga yang saat ini menjadi olahraga yang paling populer di Indonesia bahkan di dunia. Jadi, apakah kalian ingin menjadi pemain sepakbola profesional? hehe sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya, terimakasih.

Baca Juga : Inilah Sejarah mie instan yang jarang diketahui banyak orang !

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments