Search

Sunday, November 17, 2019

thumbnail

Inilah Sejarah mie instan yang jarang diketahui banyak orang!



Hallo temen-temen, kalian semua tau mie instan kan?pasti tau dong yaa, siapa sih yang tidak kenal dengan makanan terfavorit yang satu ini ? semangkuk mie instan sering kali menjadi pahlawan bagi beberapa orang yang sedang lapar dan ingin segera makan tanpa harus menunggu lama. Hampir diseluruh masyarakat Indonesia pernah mencicipi rasa dari mie instan. Mie instan sendiri merupakan makanan favorit masyarakat indonesia, tapi taukah kalian sejarah dari mie instant itu sendiri? dan siapakah orang yang pertamakali membuatnya? Baiklah temen-temen langsung saja kita bahas Inilah Sejarah mie instan yang jarang diketahui banyak orang! 

Setelah jepang mengalami kekalahan pada perang dunia ke 2, negara tersebut mengalami krisis bahan pangan. Sehingga Jepang harus menerima bantuan atau supply terigu dari Amerika Serikat, keadaan tersebut membuat Kementrian Sosial dan Kesehatan Jepang menghimbau kepada warga negara Jepang untuk mau makan terigu sebagai pengganti nasi.

Baca Juga : Wah! ternyata inilah sejarah Robot yang jarang diketahui

Semua itu berawal dari seorang pria yang bernama Momofoku Ando, ia meminta pemerintah Jepang agar mempromosikan budaya makan mie yang terbuat dari terigu, akan tetapi usulannya tidak di perdulikan sehingga membuat Momofoku Ando kecewa, maka dari itu muncul kenginian Momofoku Ando untuk membuat mie instan.

Pada tahun 1957, Momofoku Ando mendirikan gubuk kayu didalam rumahnnya yang digunakan sebagai tempat atau ruang kerja untuk pembuatan mie tersebut. Ia berkeinginan untuk membuat mie kering yang dapat langsung dimakan dengan cara di seduh dengan air panas. Momofoku Ando  berkali-kali mencoba tehnik pengeringan mie tetapi semuanya gagal. Sementara itu kondisi perekonomian keluarga Momofoku Ando semakin memburuk, ia menjadi bahan ejekan orang-orang karena mempunyai keinginan yang pada saat itu bisa dikatakan mustahil, tetapi dengan keyakinannya ia tetap berusaha.

Pada suatu hari, Momofoku Ando melihat istrinya sedang membuat tempura dan dapat ide untuk mengeringkan mie dengan cara menggoreng. Tehnik mengeringkan dengan cara menggoreng ternyata berhasil, dan pada tahun 1958 Momofoku Ando memperkenalkan produk mie instan pertama di dunia yang dinamakan Chikin Ramen. Mie instan buatan Ando sangatlah laris dipasaran bahkan produknya terkenal sampai ke mancanegara, tak heran jika mie instan merupakan ciptaan tebaik bangsa Jepang di abad ke-20. Apa jadinya jika mie instan tidak di temukan? mungkin tidak ada pahlawan untuk mahasiswa yang sedang kelaparan yaa.

Jadi, itulah sejarah singkat asal usul hadirnya mie instan yang sekarang banyak kita jumpai di warung-warung kecil atau di supermarket-supermarket yang menjadi pahlawan bagi mereka yang dalam keadaan darurat merasa lapar hehehe.

Baca Juga : Inliah Sejarah Sepakbola yang jarang diketahui !

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments